Silabus

Training ini dirancang untuk mencegah penyakit akibat kerja, kejadian infeksi, dan kecelakaan akibat pekerjaan dan aktivitas di tempat kerja. Produksi tidak pernah lepas dari penggunaan bahan kimia, yang dapat berasal dari bahan baku, pelarut, limbah dan sumber lainnya sehingga potensi bahaya tidak dapat dihindari. Kontaminan secara biologis di tempat kerja juga dapat berisiko menimbulkan bahaya kesehatan bagi pekerja melalui interaksi antar pekerja, makanan, dan kontak cairan tubuh. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi No. PER.13/MEN/X/2011 tahun 2011 mewajibkan pengurus dan/atau pengusaha untuk melakukan upaya pengendalian faktor fisika dan faktor kimia di tempat kerja serta UU No.1 tahun 1970pasal 3 ayat (1) mewajibkan perusahaan untuk mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja baik fisik maupun psikis, keracunan, infeksi, dan penularan.

 

TUJUAN

  • Menjelaskan pengetahuan dasar tentang bahaya bahan kimia dan biologi di tempat kerja
  • Mengidentifikasi bahaya spesifik pada bahan kimia yang digunakan dan agent biologis yang potensial ditularkan
  • Menganalisis titik kritis risiko kejadian infeksi dan outbreak keracunan makanan
  • Menjelaskan metode survey untuk pemeriksaan potensi bahaya dan penelusuran root cause kejadian infeksi dan outbreak serta upaya pengendaliannya
  • Mengidentifikasi bahaya melalui interpretasi dan komunikasi bahaya

 

PESERTA

  • Pelatihan ini perlu diikuti oleh operator, team leader/group leader, tim PPGD/First aid, HSE officer, dan manajer HSE.


MATERI

  1. Konsep dasar bahaya kimia dan biologi di tempat kerja
  2. Identifikasi bahaya bahan kimia di tempat kerja
  3. Bloodborne pathogen dan keracunan makanan
  4. Chemical and Biological Hazard Survey
  5. Chemical and Biological control
  6. Hazard Communication
Download Jadwal

Register

Isi Data Diri Anda